Contoh Bisnis Plan Donat



RINGKASAN EKSEKUTIF
           
            Adianas Donut’s merupakan kelompok  pembisnis / pengusaha yang di jalankan oleh siswa SMK Telkom Bandung dengan bisnis di bidang makanan ( Donat ). Donat termasuk kedalam makanan ringan, makanan ringan sendiri memiliki fungsi yang sangat berperan untuk umat manusia, sebagai pengganjal perut / penambah energi, ketika perut kita sedang lapar / kosong.


            Nama “Adianas Donut’s”  sendiri berasal dari dua kata yaitu “Adianas” dan “Donut’s”, arti dari kata “ Adianas “ merupakan kepanjangan dari pemilik usaha kami  yaitu “Adit, Riyan, Asril “. Sedangkan kata “Donut’s” diambil dari nama makanan yang kami akan jualkan.

Prospek pengembangan usaha ini sangat menjanjikan karena makanan ringan ini ( Donat ) sangat digemari oleh manusia khususnya masyarakat Indonesia, makanan ini bisa dicari di warung warung atau di toko makanan.






RENCANA BISNIS

1.    Latar Belakang Perushaan
Tepung terigu merupakan bahan utama dari pembuatan donat sendiri, tepung terigu sendiri banyak peminatnya di Indonesia, untuk diolah menjadi makanan dll, tetapi kami disini menggunakan tepung terigu untuk bahan pembuatan donat yang utama, selanjutnya kami menambahkan penambah rasa, selai makanan, dll. Donat sendiri sudah tersebar di seluruh Indonesia. Maka itulah konsumen dari donat itu sendiri sudah banyak tersebar di Indonesia.
Menjawab adanya peluang pasar dan prospek pengembangan Donat inilah yang merupakan latar belakang didirikannya perusahaan Adianas Donat’s
1.1.                        Data Perusahaan
Nama                             :  Adianas Donat’s
Jenis Produk                :  Donat Selai
Alamat Tempat Usaha : Jl. Terusan Buahbatu, Ds. Lengkong Rt 01 Rw 04.
Nomor Telepon           :  087821924635
Bulan, Tahun Berdiri  :  04 April 2014


2. Visi dan Misi
Visi Perusahaan     :
Menyediakan Donat Selai dengan banyak variasi rasa, dilingkungan sekolah
Misi Perusahaan   :
1.     Selalu berinovasi dalam produk
2.     Menjadi Pengusaha Donat no 1
3.     Menirama kerjasama untuk bisnis

3.Analisis Swot
SWOT
FAKTA
PROGRAM STRATEGI
Strength
(Kekuatan)
·     Interest terhadap bidang makanan ringan khususnya Donat
·     Mampu membandingkan rasa dengan yang lain
·     Tanpa bahan pengawet

·        Melakukan percobaan cita rasa berulang kali untuk mendapatkan rasa yang sesuai

Weakness
(kelemahan)
·     Belum dapat memproduksi sendiri

·        Bertanggung jawab
Opportunity
(Peluang)
·     Lokasi strategis
·     Banyak anak sekolah menyukai makanan ringan murah
·     Banyak masyarakat yang sudah terbiasa dengan donat selai
·        Promosi
·        Rasa Bervariasi
·        Menamakan rasa yang unik
Threat
(Ancaman)
·     Adanya produk donat lain disetiap warung
·     Produk/Brand belum dikenal
·     Sebagai pendatang baru belum memiliki kepastian pelanggan
·        Promosi door to door
·        Membuat tampilan produk semenarik mungkin
·        Harga terjangkau, kualitas tetap yang utama


4.           Struktur Organisasi




5.      Analisa Pasar
5.1 Produk
·        Jenis Produk               : Donat
·        Segmentasi Produk   : Seluruh kalangan
·        KeunggulanProduk   : - Ukuran donat lebih besar
-       Harga Bersahabat
-       Rasa bervariasi
5.2 GambaranPasar
Kegiatan  Pemasaran : Kami melakukan pemasaran dari produk kami dengan cara menawarkan langsung kepada semua anak SMK dan SMA,  juga kami menawarkan kepada guru SMK dan SMA, dan juga kami akan menitipkan penjualan kami kepada warung warung terdekat.
5.3 Segmentasi Pasar yang dituju
Pemasaran produk kami tidak di khususkan untuk kalangan, produk kami berguna untuk semua kalangan baik dari bayi sampai dewasa.

Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Contoh Bisnis Plan Donat"

Posting Komentar