RINGKASAN
EKSEKUTIF
Adianas
Donut’s merupakan kelompok pembisnis /
pengusaha yang di jalankan oleh siswa SMK Telkom Bandung dengan bisnis di
bidang makanan ( Donat ). Donat termasuk kedalam makanan ringan, makanan ringan
sendiri memiliki fungsi yang sangat berperan untuk umat manusia, sebagai pengganjal
perut / penambah energi, ketika perut kita sedang lapar / kosong.
Nama “Adianas Donut’s” sendiri berasal dari dua kata yaitu “Adianas”
dan “Donut’s”, arti dari kata “ Adianas “ merupakan kepanjangan dari pemilik
usaha kami yaitu “Adit, Riyan, Asril “.
Sedangkan kata “Donut’s” diambil dari nama makanan yang kami akan jualkan.
Prospek pengembangan
usaha ini sangat menjanjikan karena makanan ringan ini ( Donat ) sangat
digemari oleh manusia khususnya masyarakat Indonesia, makanan ini bisa dicari
di warung warung atau di toko makanan.
RENCANA
BISNIS
1.
Latar
Belakang Perushaan
Tepung terigu merupakan bahan utama
dari pembuatan donat sendiri, tepung terigu sendiri banyak peminatnya di
Indonesia, untuk diolah menjadi makanan dll, tetapi kami disini menggunakan
tepung terigu untuk bahan pembuatan donat yang utama, selanjutnya kami
menambahkan penambah rasa, selai makanan, dll. Donat sendiri sudah tersebar di
seluruh Indonesia. Maka itulah konsumen dari donat itu sendiri sudah banyak
tersebar di Indonesia.
Menjawab
adanya peluang pasar dan prospek pengembangan Donat inilah yang merupakan latar
belakang didirikannya perusahaan Adianas Donat’s
1.1.
Data
Perusahaan
Nama : Adianas Donat’s
Jenis Produk : Donat Selai
Alamat Tempat Usaha : Jl. Terusan Buahbatu, Ds. Lengkong Rt 01 Rw
04.
Nomor Telepon : 087821924635
Bulan, Tahun Berdiri : 04
April 2014
2. Visi dan Misi
Visi Perusahaan :
Menyediakan Donat Selai dengan banyak variasi rasa,
dilingkungan sekolah
Misi Perusahaan :
1. Selalu berinovasi dalam produk
2. Menjadi Pengusaha Donat no 1
3. Menirama kerjasama untuk bisnis
3.Analisis Swot
SWOT
|
FAKTA
|
PROGRAM
STRATEGI
|
Strength
(Kekuatan)
|
· Interest terhadap bidang makanan ringan
khususnya Donat
· Mampu membandingkan rasa dengan
yang lain
· Tanpa bahan
pengawet
|
·
Melakukan
percobaan cita rasa berulang kali
untuk mendapatkan rasa yang sesuai
|
Weakness
(kelemahan)
|
· Belum dapat memproduksi
sendiri
|
·
Bertanggung jawab
|
Opportunity
(Peluang)
|
·
Lokasi
strategis
· Banyak anak sekolah menyukai makanan ringan murah
· Banyak masyarakat
yang sudah terbiasa dengan donat selai
|
·
Promosi
·
Rasa Bervariasi
·
Menamakan rasa yang unik
|
Threat
(Ancaman)
|
· Adanya produk donat lain
disetiap warung
·
Produk/Brand
belum dikenal
· Sebagai pendatang baru belum memiliki
kepastian pelanggan
|
·
Promosi door to door
·
Membuat
tampilan produk semenarik mungkin
·
Harga
terjangkau, kualitas tetap yang utama
|
4.
Struktur
Organisasi
5.
Analisa
Pasar
5.1 Produk
·
Jenis Produk : Donat
·
Segmentasi Produk
: Seluruh kalangan
·
KeunggulanProduk
: - Ukuran donat lebih besar
- Harga
Bersahabat
- Rasa
bervariasi
5.2 GambaranPasar
Kegiatan Pemasaran
: Kami melakukan pemasaran dari produk kami dengan cara menawarkan langsung
kepada semua anak SMK dan SMA, juga kami
menawarkan kepada guru SMK dan SMA, dan juga kami akan menitipkan penjualan
kami kepada warung warung terdekat.
5.3 Segmentasi Pasar yang dituju
Pemasaran produk kami tidak di khususkan untuk
kalangan, produk kami berguna untuk semua kalangan baik dari bayi sampai
dewasa.
Like THIS :
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku
Belum ada komentar untuk "Contoh Bisnis Plan Donat"
Posting Komentar